7 Tips agar Gaji Cukup sampai Akhir Bulan

7 Tips agar Gaji Cukup sampai Akhir Bulan

sumber : liputan6.com

Gaji 10 koma kok tidak mencukupi kebutuhan. Jangan salah, itu merupakan seloroh yang maksudnya setelah tanggal 10 sudah koma isi dompetnya.

Tak sedikit yang mengeluhkan gaji sudah menipis bahkan tak bersisa jauh sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Sebenarnya besaran gaji yang memang tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulan atau manajemen pengelolaannya yang kurang baik?

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup.

Semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran. Lantas, bagaimana menyiasati agar pengalokasian gaji tidak mengakibatkan defisit anggaran?

1. Buat rencana belanja bulanan

Tak dimungkiri banyak kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, mulai dari makan, transportasi, listrik, pulsa telepon, dan lainnya. Belum lagi jika Anda punya pinjaman yang mewajibkan untuk membayar angsuran. Agar semua kebutuhan terpenuhi, buatlah rencana belanja bulanan.

Rencana belanja ini berfungsi sebagai pengendali pengeluaran untuk hal-hal yang tak terduga dan tak perlu. Misalnya, Anda tidak merencanakan untuk membeli baju baru, maka sebisa mungkin Anda menepatinya. Kebocoran anggaran belanja umumnya disebabkan oleh pengeluaran dadakan yang tidak direncanakan sebelumnya.

2. Buat pos-pos pengeluaran

Ketika waktu gajian tiba, pilah uang gaji ke pos-pos pengeluaran agar jelas pengalokasiannya. Pisahkan uang untuk kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan, tabungan, hiburan, dan dana cadangan. Khusus cicilan sebaiknya langsung dibayarkan agar tidak tergoda menggunakannya untuk kebutuhan lain.

Selanjutnya, disiplinkan diri untuk bisa mematuhinya. Jangan sampai dana yang telah dipisahkan tidak dialokasikan secara tepat. Akibatnya anggaran yang sudah ditentukan pada masing-masing pos amburadul, sehingga kebocoran anggaran tidak bisa dihindari.

3. Buat laporan keuangan harian

Jangan takut dianggap pelit karena membuat laporan keuangan harian. Hal tersebut penting dilakukan agar kesehatan finansial Anda senantiasa terjaga. Tak perlu serumit laporan keuangan perusahaan berskala besar, sederhana saja, bisa berupa jurnal yang mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan tambahan jika ada.

Laporan keuangan harian ini nantinya bisa digunakan sebagai pengontrol sekaligus pembanding realisasi pengeluaran dengan dana yang ditentukan.

Sumber : liputan6.com

_____________________________________________
N.B : Info Penginapan murah di kota Batu, hubungi akun di bawahini!

WA/ Line :+6281232074551/+6285230182329


BBM : D74017EC
Twitter : https://twitter.com/AlpukatHomestay
Fan page :https://www.facebook.com/alpukathomestay/
Path :https://path.com/profile/9nIdP

Iklan